Rabu, 21 Juni 2017

3 MODEL PENGEMBANGAN RPP PADA KURIKULUM 2013

ALTERNATIF-ALTERNATIF PENYAJIAN RPP


A. RPP YANG MEMUAT                    KOMPONEN SESUAI                    DENGAN PERMENDIKBUD        NO. 103 TAHUN 2014
     RENCANA PELAKSANAAN        PEMBELAJARAN

Sekolah            : ....................
Mata Pelajaran : .................
Kelas/Semester : ................
Alokasi Waktu : ...................
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar/KD
1. KD pada KI-1 (khusus untuk mapel Agama dan PPKn)
2. KD pada KI-2 (khusus untuk mapel Agama dan PPKn)
3. KD pada KI-3
4. KD pada KI-4
C. Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD pada KI-2
3. Indikator KD pada KI-3
4. Indikator KD pada KI-4
D. Materi Pembelajaran (**)
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti (***)
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti (***)
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar


B. RPP YANG MEMUAT KOMPONEN SESUAI DENGAN                PERMENDIKBUD NO. 22 TAHUN 2016 RENCANA                     PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah            : .......................
Mata Pelajaran : .......................
Kelas/Semester : ......................
Materi Pokok    : ......................
Alokasi Waktu   : ......................
A. Tujuan Pembelajaran (*)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Materi Pembelajaran (**)
D. Metode Pembelajaran (***)
E. Media Pembelajaran
F. Sumber Belajar
G. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
H. Penilaian Hasil Pembelajaran


C. PERPADAUAN PERMENDIKBUD NO. 103 TAHUN 2014            DAN NO. 22 TAHUN 2016 RENCANA PELAKSANAAN            PEMBELAJARAN

Sekolah            :...................
Mata Pelajaran : ..................
Kelas/Semester: ..................
Materi Pokok   : ..................
Alokasi Waktu : ...................
A. Kompetensi Inti/KI
B. Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KD pada KI 1
( khusus Guru Mapel Agama dan PPKn)
KD pada KI 2
( Khusus Guru Mapel Agama dan PPKn)
KD pada KI 3
KD pada KI 4

C. Tujuan Pembelajaran (*)
D. Materi Pembelajaran (**)
E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran (***)
F. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
G. Sumber Belajar
H. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (…. JP)
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
Pertemuan kedua : (…. JP)
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
Pertemuan ketiga : (… JP)
Pertemuan seterusnya
I. Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran


Lampiran-lampiran RPP:
1. Materi Pembelajaran Pertemuan 1 (jika diperlukan)
2. Instrumen Penilaian Pertemuan 1
3. Materi Pembelajaran Pertemuan 2 (jika diperlukan)
4. Instrumen Penilaian Pertemuan 2
Dan seterusnya tergantung banyaknya pertemuan.
Keterangan :
(*) Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
(**) Materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi (dalam hal ini
metakognitif tidak termasuk materi pembelajaran, metakognitif berkaitan dengan strategi belajar
yang dilakukan oleh siswa, bagaimana siswa menemukan strategi untuk mempelajari materi
fakta, konsep, maupun prosedur dengan membuat jembatan keledai, peta konsep, ringkasan
bergamar, dll yang Ia susun sendiri untuk memudahkan mereka memahami materi. Keterampilan
demikian perlu dilatihkan agar tidak hanya sebagai pengetahuan tentang strategi saja akan tetapi
lebih kepada penerapan strategi hingga menjadi strategi otomatis pada diri siswa.
(***) Disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai, pada bagian ini berkaitan dengan penggunaan pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran.


CONTOH RPP
a. Alternatif Pertama
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah            : SMA..................
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 9 JP (3 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
     Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan                          mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan        Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
     jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,                      kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif              sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
     dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan         alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam           pergaulan dunia”.

KI 3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,             konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya                     tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
          humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,                   kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan               kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada                 bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan                         minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan                 ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang                       dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan                                      ampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar/KD
3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi             antar komponen tersebut
4.10 Menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar                         komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus                         biogeokimia)

C. Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
3.10.1 Mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem.
3.10.2 Menjelaskan hubungan antara komponen biotik dengan                    abiotik dan biotik dengan biotik lainnya.
3.10.3 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi                                  keseimbangan ekosistem.
3.10.4 Menjelaskan mekanisme aliran energi dalam ekosistem.
3.10.5 Membandingkan dua atau lebih daur biogeokimia dalam                  ekosistem.
3.10.6 Menganalisis peran mikroorganisme dalam berbagai daur                 Biogeokimia.
3.10.7 Menyeleksi komponen-komponen pada dua atau lebih daur               biogeokimia yang berperan dalam membentuk jaring-jaring             makanan.
3.10.8 Meninjau komponen-komponen pada dua atau lebih daur                   biogeokimia yang berperan dalam membentuk jaring-jaring              makanan.
4.10.1 Mendesain karya yang menunjukkan adanya interaksi antar               komponen ekosistem berupa jaring-jaring makanan dan                   siklus biogekimia.
4.10.2 Mempresentasikan karya yang menunjukkan adanya                        interaksi antar komponen ekosistem berupa jaring-jaring                  makanan dan siklus biogekimia.
D. Materi Pembelajaran
· Fakta:
Ø Komponen penyusun ekosistem.
Ø Komponen-komponen pada daur biogeokimia yang berperan           dalam membentuk jaring-jaring makanan.
· Konsep:
Ø Hubungan antara komponen biotik dengan abiotik dan biotik dengan biotik lainnya/ Jenis-jenis interaksi yang terjadi dalam ekosistem
Ø Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
Ø Peran mikroorganisme dalam berbagai daur Biogeokimia
· Prosedur
Ø Aliran energi dalam ekosistem.
Ø Daur biogeokimia dalam ekosistem.
E. Kegiatan Pembelajaran
a. Pertemuan Pertama: (3 JP)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberikan salam, meminta salah satu siswa memimpin doa, dilanjutkan dengan presensi untuk mengecek kehadiran siswa.
· Guru mengecek kesiapan ruang belajar.
· Guru mengecek kesiapan mental siswa dan memberikan motivasi dengan memberikan ilustrasi kondisi suhu udara di lingkungan sekolah yang dipenuhi dengan RTH (Ruang Terbuka Hijau) dengan lingkungan sekitar jalan raya.
· Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan yang didahului dengan pengantar berikut: pada saat kalian belajar di bangku SMP, kalian pernah belajar tentang “Organisasi Kehidupan” Apa yang kalian pahami tentang organisasi kehidupan tersebut?
· Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan siswa.
· Guru menyampaikan hal-hal yang akan dinilai dalam pembelajaran termasuk teknik dan bentuk penilaian yang akan digunakan.
2. Kegiatan Inti
· Guru menunjukkan gambar ekosistem sawah yang disekitarnya terdapat banyak burung yang sedang memakan padi yang mulai menguning melalui layar LCD.
· Siswa diminta mengemukakan pendapatnya apabila sawah yang terbentang hijau tersebut pohon-pohon di sekitarnya ditebang untuk keperluan kayu bakar warga setempat dan tempat pembuangan sampah dari perumahan terdekat dengan sawah tersebut.
· Berdasarkan pendapat siswa pada langkah sebelumnya, guru selanjutnya mengarahkan siswa untuk menjelasakan faktor-faktor yang mungkin dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem di sawah tersebut.
· Guru memberikan beberapa beberapa gambar ekosistem yang berbeda dan meminta siswa untuk mengidentifikasi dari setiap gambar ekosistem tersebut untuk menemukan komponen-komponen penyusun ekosistem.
· Guru mengajak siswa observasi ke taman/kebun sekolah untuk bekerjasama mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik penyusun ekosistem taman sekolah.
· Siswa diminta bekerjasama dan berdiskusi untuk menunjukkan adanya hubungan antar komponen ekosistem dan rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem taman/kebun sekolah dan mekanisme terjadinya aliran energy berdasarkan rantai makanan pada ekosistem tersebut.
· Guru menegaskan kembali agar masing-masing kelompok telah mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem pada taman/kebun sekolah, mengetahui adanya hubungan antara komponen biotik dengan abiotik dan biotik dengan biotik lainnya pada taman/ kebun sekolah, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem baik pada lingkungan sekolah maunpun di luar sekolah, dan mekanisme aliran energi dalam ekosistem berdasarkan rantai makanan yang terdapat pada ekosistem taman/kebun sekolah.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memfasilitasi siswa untuk menyusun kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan.
· Guru melakukan penilaian dengan memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator (komponen penyusun ekosistem Zpada taman/kebun sekolah, hubungan antara komponen biotik dengan abiotik dan biotik dengan biotik lainnya pada taman/kebun sekolah, faktorfaktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem baik pada lingkungan sekolah maunpun di luar sekolah, dan mekanisme aliran energi dalam ekosistem berdasarkan rantai makanan yang terdapat pada ekosistem taman/kebun sekolah)
· Guru meminta siswa untuk merefleksi dengan menyampaikan manfaat mengetahui konsep ekosistem dan faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
· Guru memberi penghargaan kepada siswa yang telah menunjukkan sikap kerjasama dan peka terhadap lingkungan (peduli).
· Guru menyampaikan tindak lanjut kegiatan pada pembelajaran selanjutnya.
· Guru menutup pelajaran dengan memberi salam.
b. Pertemuan Kedua: (3 JP)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberikan salam, meminta salah satu siswa memimpin doa, dilanjutkan dengan presensi untuk mengecek kehadiran siswa.
· Guru mengecek kesiapan ruang belajar.
· Guru mengecek kesiapan mental siswa dan memberikan motivasi ilustrasi kerindangan kebun sekolah.
· Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan: bagaimana terjadinya aliran energy pada jaring-jaring makanan yang kalian amati di taman/kebun sekolah kemarin?
· Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
· Guru mengingatkan siswa agar tetap berkomitmen membangun sikap kerjasama dan peka terhadap lingkungan (peduli).
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan siswa.
· Guru menyampaikan hal-hal yang akan dinilai dalam pembelajaran termasuk teknik dan bentuk penilaian yang akan digunakan.
2. Kegiatan Inti
· Guru menayangkan video terbentuknya hujan asam dan dampaknya terhadap kehidupan.
· Siswa diminta menggali permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi berdasarkan tayangan video dalam bentuk tabel (minimal memuat jenis permasalahan, alternatif solusi, dan sumber informasi).
· Guru meminta siswa bekerjasama dengan anggota kelompoknya mencari informasi dari berbagai sumber untuk mendapatkan solusi terhadap masalah yang dikemukakan.
· Siswa dalam kelompok bekerjasama dan berdiskusi untuk menganalisis alternatif solusi yang didapatkan dari berbagai sumber dikaitkan dengan konsep daur biogeokimia dan peran mikroorganisme dalam daur tersebut, dan membandingkan dua atau lebih daur biogeokimia dalam ekosistem.
· Guru meminta siswa menyeleksi komponen-komponen pada dua atau lebih daur biogeokimia yang berperan dalam membentuk jaring-jaring makanan.
· Siswa menggali kemungkinan terjadinya gangguan berlangsungnya daur biogeokimia dan solusi yang harus dilakukan sebagai upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses tersebut bisa berlangsung dengan baik yang berdampak kepada berlangsungnya jaring-jaring makanan sehingga aliran energi berjalan dengan baik.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memfasilitasi siswa untuk menyusun kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan.
· Guru melakukan penilaian dengan memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator (dua atau lebih daur biogeokimia dalam ekosistem, peran mikroorganisme dalam berbagai daur Biogeokimia, komponen-komponen pada dua atau lebih daur biogeokimia yang berperan dalam membentuk jaring-jaring makanan).
· Guru meminta siswa untuk merefleksi dengan menyampaikan manfaat mengetahui daur biogeokimia.
· Guru memberi penghargaan kepada siswa yang telah menunjukkan peningkatan sikap kerjasama dan peka terhadap lingkungan (peduli).
· Guru memberikan tugas kelompok untuk mendesain karya yang menunjukkan adanya interaksi antar komponen ekosistem berupa jaringjaring makanan dan siklus biogekimia.
· Guru menyampaikan tindak lanjut kegiatan pada pembelajaran selanjutnya.
· Guru menutup pelajaran dengan memberi salam.
c. Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberikan salam, meminta salah satu siswa memimpin doa, dilanjutkan dengan presensi untuk mengecek kehadiran siswa.
· Guru mengecek kesiapan ruang belajar.
· Guru mengecek kesiapan mental siswa dan memberikan motivasi dengan bercerita peristiwa jatuhnya pesawat udara akibat cuaca buruk.
· Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan, “Apakah ada kaitan antara daur biogeokimia dengan komponen ekosistem?”
· Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
· Guru mengingatkan siswa agar tetap berkomitmen membangun sikap kerjasama dan peka terhadap lingkungan (peduli).
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan siswa.
· Guru menyampaikan hal-hal yang akan dinilai dalam pembelajaran termasuk teknik dan bentuk penilaian yang akan digunakan.
2. Kegiatan Inti
· Guru menayangkan gambar ekositem yang mengalami penurunan debit air melalui layar LCD.

· Siswa diminta meninjau komponen-komponen pada dua atau lebih daur biogeokimia yang berperan dalam membentuk jaring-jaring makanan berdasarkan gambar, kemudian meminta siswa untuk berkerjasama dan berdiskusi tentang permasalahan berikut:
a. Mengapa sampai terjadi penurunan debit air?
b. Bagaimana dampak yang terjadi akibat penurunan debit air tersebut?
c. Bagaimana kondisi ekosistem apabila mikroorganisma yang terdapat pada perairan tersebut mengalami peningkatan populasi? Jelaskan argumenmu!
· Guru membimbing siswa membuat desain karya yang menunjukkan adanya interaksi antar komponen ekosistem berupa jaring-jaring makanan dan siklus biogekimia.
· Siswa bekerjasama dalam kelompok mendesain karya yang menunjukkan adanya interaksi antar komponen ekosistem berupa jaring-jaring makanan dan siklus biogekimia.
· Siswa secara berkelompok menyajikan desain karya yang menunjukkan adanya interaksi antar komponen ekosistem berupa jaring-jaring makanan dan siklus biogekimia.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memfasilitasi siswa untuk menyusun kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan.
· Guru melakukan penilaian dengan teknis tes tulis meliputi IPK yang belum dikuasasi siswa dari hasil tes lisan (terlampir).
· Guru meminta siswa untuk merefleksi bentuk hasil pembelajaran yang diperoleh siswa meliputi ranah kompetensi sikap (kerjasama dan peduli lingkungan), pengetahuan, maupun keterampilan.
· Guru memberi penghargaan kepada siswa yang telah menunjukkan sikap kerjasama dan peka terhadap lingkungan (peduli).
· Guru menyampaikan tindak lanjut kegiatan dan meminta siswa membuat “jembatan keledai” sesuai dengan strateginya masing-masing untuk meningkatkan retensi mereka terhadap materi.
· Guru menutup pelajaran dengan memberi salam.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Teknik penilaian:
· Sikap : Observasi dan jurnal (Kerjasama dan kepedulian atau peka terhadap lingkungan) (Lampiran 1)
· Pengetahuan : Tes lisan dan tes tulis (Lampiran 2)
· Keterampilan : Produk (Lampiran 3)
b. Instrumen penilaian
1. Pertemuan Pertama
· Sikap : Observasi dan jurnal (Kerjasama dan kepedulian atau peka terhadap lingkungan)
· Pengetahuan : tes lisan
· Keterampilan : -
2. Pertemuan Kedua
· Sikap : Observasi dan jurnal (Kerjasama dan kepedulian atau peka terhadap lingkungan)
· Pengetahuan : tes lisan
· Keterampilan : -
3. Pertemuan seterusnya
· Sikap : Observasi dan jurnal (Kerjasama dan kepedulian atau peka terhadap lingkungan)
· Pengetahuan : tes tulis
· Keterampilan : Produk
c. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
1. Pembelajaran remidial diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remedial disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
2. Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai tertinggi dalam bentuk pemberian tugas menyusun usulan perbaikan kualitas ekosistem di lingkungan sekolah (tugas ini tidak dinilai akan tetapi publikasikan di majalah dinding sekolah)
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat :
· Proyektor
· Laptop
· Gambar Ekosistem
2. Bahan:
· LKS
· Power Point
3. Sumber Belajar:
· Endang Sri Lestari dan Indun Kustinnah. 2009. Biologi SM/MA untuk Kelas X. BSE.
· Gunawan Susilowarno. 2010. Biologi SMA Untuk SMA/MA Kelas X, Bandung:
Grasindo.
· Bagod Sudjadi. 2009. Biologi Sains Dalam Kehidupan 1 A. Jakarta: Yudhistira.
· Wigati Hadi Omegawati dan Rohana Kusumawati. 2010. Buku Panduan Guru
Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Intan Pariwara
......................., .............., 2016
Mengetahui :
Kepala SMA.........                                    Guru Mata Pelajaran,
..........................................                         ...................................................









umber : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Model Pengembangan RPP .
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar